Pages

Senin, 06 Oktober 2014

SAYUR KULIT SEMANGKA




Baru tau kalau si kulit semangka ini bisa disayur sebagai pengganti pepaya muda dan labu siam, plus nilai gizinya pula yang bermanfaat untuk tubuh.. resep ini repost dari status pak Wied Harry.. biar ga lupa disimpan dulu resepnya.. kapan2 dicoba pas ada stok kulit semangkanya.. ^_^


SAYUR PEDES KULIT SEMANGKA BUMBU MELARAT 

Minggu kemarin seorang teman pekebun halaman (urban farmer) mengirimi saya semangka organik. Kebiasaan saya tidak pernah membuang kulit semangka. Setelah kulit luarnya yang hijau itu dikupas, kulit semangka yang putih saya manfaatkan sebagai bahan masakan, menggantikan labu siam atau pepaya muda. Masakan ini saya beri "bumbu melarat" alias seadanya.

BAHAN:

Kulit semangka, kupas kulit luar warna hijau, potong dadu 1 cm
Wortel, kupas, potong-potong
Tempe, potong dadu 1 cm
BUMBU: 

Bawang merah, iris tipis

Bawang putih, iris tipis
Cabe merah, potong melintang 1/2 cm
Cabe rawit merah, iris tipis
Kunyit, iris tipis
Garam
Sedikit gula palem

CARA MEMASAK:

1. Panaskan wajan di atas api sedang. Tambahkan sedikit air, biarkan mendidih. Masukkan bumbu iris. Didihkan hingga bumbu tidak bau langu. 

2. Masukkan wortel, tambahkan air hingga wortel terendam. Didihkan hingga wortel mulai empuk. Masukkan kulit semangka dan tempe, tambahkan air secukupnya. Didihkan lagi hingga sayuran masak. 

3. Bubuhi garam dan gula palem (atau gula merah iris). Aduk rata, cicipi rasanya, angkat. Sajikan hangat.

NUTRISI KULIT SEMANGKA

Sejumlah mineral banyak tersimpan dalam kulit semangka, sebagaimana ada dalam labu siam, labu air, pepaya muda.Terutama kalium dan magnesium, keduanya baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.