Pages

Rabu, 17 Juli 2013

DANDELION, Tanaman obat anti kanker



Nama ilmiah : Taraxacum officinale Weber et Wiggers
Familia : Asteraceae
Nama daerah : Jombang
Nama asing : dandelion


                          


Tanaman liar yang tersebar diseluruh dunia ini dimana-mana digunakan sebagai obat untuk penyakit liver dan gangguan pencernaan. Kenyataan diatas ternyata cocok dengan teori ilmu pengobatan timur tentang khasiat tanaman obat, yang menyatakan bahwa khasiat dandelion sebagai tanaman obat masuk ke dalam meridian lever dan lambung.

Dandelion yg di Indonesia disebut Jombang, merupakan terna menahun yang tingginya 10-25cm. Tumbuh liar dilereng gunung, tanggul,lapangan rumput dan sisi jalan pada daerah yg berhawa sejuk. Disepanjang jalan menuju daerah puncak-cipanas, bisa kita lihat tumbuh liar pada tempat-tempat tertentu disepanjang jalan dengan bunganya yg berwarna kuning.

Akarnya panjang, tunggal atau bercabang. Daun melanset sungsang, ujung runcing, pangkal menyempit, tepi menggergaji tidak teratur, kadang berbagai sangat dalam, bembentuk roset akar. 


Bunganya tunggal berwarna kuning dengan tangkai yg panjang dan berambut halus berwarna putih.

Khasiat : 
Mempunyai rasa manis, pahit dan dingin, mempunyai efek farmakologis sebagai anti radang, menghilagkan bengkak dan anti toksin. Akarnya sebagai peluruh kencing, menghilangkan panas, penguat lambung, melancarkan air susu ibu dan anti diabetes.

Bagian yg dipakai seluruh tanaman.

Kegunaan :

Dandelion yg dikenal sebagai obat hepatitis, radang kandung empedu, obat sakit maag dan menambah nafsu makan dan berbagai penyakit lain, akhir2 ini dikembngkan untuk penyakit kanker.

Kegunaannya mulai dari abses payudara, tumor pada sistem pencernaan seperti tumor oesophagus, lambung, usus, hati dan pankreas, juga digunakan untuk kanker payudara, paru-paru, carsinoma cervix (kanker bibir rahim) dan gusi, disamping untuk pengobatan leukemia yaitu kornik granulositik leukemia.

Caranya untuk pengobatan penyakit biasa 15-30gr digodok atau ditumbuk, air perasannya diminum atau dibuat sebagai campuran resep. Untuk kanker, tomor dan penyakit berat lainnya, digunakan ukuran 20-60gr.

Godogan herba ini mengaktifkan macrophag, merangsag pembentukan lymphosit dan pembentukan antibodi yang semuanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Dandelion diluar negri sudah dibuat obat paten berupa tablet dan sirop.





Oleh : H.M Hembing Wijayakusuma, Setiawan Dalimartha, A.S wirian, Thomas Yaputra, Bambang Wibowo