Pages

Jumat, 10 Mei 2013

Donat sayur





Berhubung kesukaan 'ghazy' adalah donat...harus bikin donat yg setidaknya lebih sehat. Biasanya membuat dengan menggunakan tepung kombinasi (dicampur dengan tepung beras dan tapioka) pencampuran ini Supaya tidak 100 % terigu. Tepung terigu mengandung protein khusus yang sulit dicerna yaitu gluten. 


 Bahan makanan  yang terbuat dari bahan utama terigu baru bisa diproses oleh tubuh dalam tempo 3x siklus metabolisme (3x24 jam). Padahal, makanan sehat sudah harus meninggalkan tubuh (usus besar) paling lama dalam tempo 24 jam. Akibatnya, sampah terigu yang harusnya dibuang akan diserap lagi dan lagi oleh dinding usus. Selain itu, tumpukan sampah gluten dalam tubuh akan menempel di dinding usus, sehingga menghalangi penyerapan nutrisi .  

Walau belum bisa memaksimalkan untuk pakai bahan yg dominan non gluten setidaknya mengurangi..   daan biar masuk sayuran juga, dalam adonannya saya tambahkan wortel, kentang atau brokoli.. ini dia resep donatnya...

       Bahan : 

-           kentang & wortel kukus  100 gr (haluskan)
-           Terigu 145 gr,
-           tapioka 30 gr,
-           tepung beras 30 gr
-           Gula pasir  35 gr
-           Susu bubuk 1 sdm
-           Telur 1 utuh  &  1 kuningnya saja  ( suhu ruang )
-           Margarine 1 sdm
-           Fernifan (11gr)  ½ nya saja yang dipakai  ±  5,5gr

   Cara membuat :

     Campur jadi satu semua bahan, uleni hingga kalis & tidak lengket ditangan ( kalau terlalu lengket tambahkan tepung, kalau tepungnya belum menyatu tambahkan air sckpnya) intinya didapat adonan yang kalis / tidak lengket ditangan. Dalam menguleni adonan dibutuhkan waktu sampai semua bahan tercampur rata dan didapatkan adonan yg bertekstur lebih halus dan kalis....  diamkan ± 30 menit .. setelah mengembang, kempiskan adonan. Adonan siap dibentuk sesuai selera…


  Cat : 

-   - saat menggoreng, gunakan minyak baru dan kondisi minyak dengan panas yg sedang.

-   - sering di bolak balik agar warna merata

-   - biasanya saya membuat adonan ini tanpa tambahan air lagi, karna wortel&kentang kukus  sudah mengandung air.

-   Pernah mencoba membuat adonan tidak dengan kentang kukus, tapi kentang goreng (bukan kentang goreng dari restoran siap saji yaa), hasilnya tekstur donatnya terasa lebih padat ( kebetulan saat itu sedang ada sisa kentang goreng anak2 & wortelnya sendiri juga diambil dari sayur sop yg kebetulan ada saat itu..)