Pages

Kamis, 09 Mei 2013

Membuat Jamu Kunyit Asam sendiri



Berawal dari rasa penasaran untuk bisa buat jamu sendiri.. jamu kunyit yang biasa  dijual mbak jamu keliling... beli botolan dan ditaro di dalam kulkas.. segeeer bgt diminum saat dingin.. dan lagi, si kunyit ini ternyata banyak banget manfaatnya.. 
Akhirnyaa.. membuat jamu kunyit sendiri… biar lebih seger ditambah dengan asam jawa.. untuk Membuat Jamu Kunyit Asam Sendiri berikut resepnya..


komposisi :
  • kunyit biang dalam kondisi segar ± 200gr ( blender halus dengan air 500ml )
  • gula merah ± 280 gr
  • gula putih ± 150 gr
  • garam 1 sdm (jgn terlalu penuh)
  • asem  ± 95gr
  • daun sirih ± 7 lembar ukuran sedang (berhubung dihalaman rumah banyak tumbuh subur tanaman sirih,aku pake juga karna sirih juga punya banyak manfaat)
 Semua bahan diatas direbus dengan air ± 2,5 L sampai mendidih beberapa saat.. kemudian tunggu hingga dingin dan saring dari ampas yang masih tersisa.Tempatkan pada botol atau dibuat seperti es mambo dalam plastik2 kecil panjang,




 simpan dalam kulkas.. segeer banget diminum pas dingin..

Biar pada semangat minum kunyit asem... ini dia penjelasan  khasiat & manfaat komponen2 penyusunnya…

 

KUNYIT 

  Kunyit mengandung kurkumin, desmetoksikumin sebesar 10%, serta kandungan  bisdesmetoksikurkumin 1 sampai 5%.  Zat- zat lain dalam kunyit yang bermanfaat adalah minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, 60% tumeon, 25% Zingiberen, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kandungan lemak dalam kunyit sebesar 1 -3%, 3 % karbohidrat, 30% protein, 8% pati, Vitamin C 45-55%,zat besi, fosfor, dan upkalsium.
Manfaat Kunyit :
  1. Selain memiliki aktivitas antimikroba, antiradang, dan antivirus, kunyit juga berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin, senyawa fenolik alami pada kunyit, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Kunyit berpotensi dalam pengobatan kanker. Pada penderita kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah (metastasis) dan jaringannya menjadi tumor. Angiogenesis juga terjadi, yaitu pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutrien, oksigen dan sirkulasi kotoran. Kurkumin mengobati kanker dengan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru tersebut.
  3. Wanita yang mengalami masalah dengan haid dapat menggunakan kunyit untuk mengatasinya. Efek farmakologis kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa nyeri dan lelah datang bulan.
  4. Sebagai antikoagulan alami, kunyit dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
  5. Kunyit dapat menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik.
  6. Sifat analgesik alami kunyit bekerja dengan menghambat Cox-2 yang mencetuskan rasa nyeri. Dengan sifat analgesik dan antiinflamasinya, kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
  7. Penyakit pikun dapat diperlambat dengan sering mengonsumsi kunyit dalam makanan. Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit pikun yang terjadi umumnya pada usia tua, ketika kapasitas fisik otak berkurang. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa manula di Asia yang sering mengkonsumsi kare (curry) yang mengandung kunyit memiliki daya ingatan yang lebih baik daripada manula di benua yang lain
  8. Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat menjaga kesehatan kulit , kunyit juga dapat membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh


KHASIAT  ASAM  JAWA 

BAGI  KESEHATAN                                                                                                          
                                                                
1.Karena sifatnya menjadi gel dengan menyerap cairan, asam jawa juga      bisa dipakai untuk menghancurkan lemak (Ir. Wahyu Soeprapto, ahli tanaman obat dari Malang, Jawa Timur )
2. Mengandung zat besi, vitamin C, vitamin B seperti thiamin dan niacin serta merupakan sumber yang baik dari magnesium dan potasium.
3. Dalam sebuah artikel di “Journal of Human Ecology“, Asam Jawa disebutkan sebagai obat alami yang dapat membantu melawan diare, sembelit, nyeri muntah, sakit perut dan bahkan keracunan makanan.
4.Kaya Akan Antioksidan, terdapat antioksidan dalam bentuk lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu Fenol. Fenol merupakan antioksidan alami yang lazim ditemui dalam buah-buahan dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut Healthy Eating for Your Heart, fenol membantu melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas dan membantu kesehatan dinding arteri. Penelitian dalam “Journal of Nutrition Malaysia mencatat bahwa kadar fenol dari asam paling terkonsentrasi bila dipanaskan hingga titik didih.
5. studi dalam “Journal of Nutrition Malaysia Beberapa manfaat Asam Jawa lainnya antara lain efektif dalam mengobati demam, sebagai sunblock untuk mengurangi efek sengatan matahari dan bahkan pernah dilaporkan bahwa Asam Jawa mampu mengobati kelumpuhan. Khasiat lainnya adalah mengobati sakit tenggorokan bila digunakan sebagai obat kumur, buah yang satu ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektivitas ibuprofen.

 

Lazada Indonesia

 

Manfaat Daun Sirih


Kandungan daun Sirih

Kandunagan antiseptik dapat di jumpai hampir di setiap bagian daun. Antiseptik itu sendiri berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol yang memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat dari antiseptik pada fenol biasa

daun sirih mengandung minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.


Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun sirih sebagai tanaman obat serta bagaimana cara meramu dan menggunakannya sebagai obat :
  1. Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : 1 lbr daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.
  2. Sebagai obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.
  3. Sebagai obat bronchitis : daun sirih  sebanyak 7 lbr, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan 3 x sehari.
  4. Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.
  5. Menghilangkan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gls air sampai menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.
  6. Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.
  7. Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut : 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.
  8. Mengobati sariawan : 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut anda. Buang ampasnya.
  9. Mengobati keputihan : Rebus 10 lbr daun sirih menggunakan 2,5 ltr air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian kemaluan.
  10. Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gls air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
  11. Mengobati diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.
  12. Mengurangi air ASI berlebih : ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar payudara yang bengkak.
  13. Mengatasi mata merah dan gatal : rebus 6 lbr daun sirih menggunakan 1 gls air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.
semoga bermanfaat...^_^