Pages

Sabtu, 24 Agustus 2013

google play error



udah 2 harian ini whatsapp error ga bisa dipake & keterangannya harus diupdate.. tapi saat proses update tadi si google play selalu error.. update nya gagal terus.. bahkan saat mo instal ulang juga tetep ga bisa.. sebelumnya si google play ini juga pernah error ga bisa buat instal tapi berhasil teratasi dengan mengikuti langkah2 dari tabloidpulsa berikut :

Jika Play Store kerap error setiap kali kita hendak mendownload aplikasi?

Silahkan ikuti 7 langkah berikut. Ingat! Jika cara pertama yang diambil membuahkan hasil, tidak perlu menengok cara lain. Demikian pula sebaliknya, gunakan cara berikutnya jika cara yang diambil sebelumnya tidak berhasil.

1. Clear Data dan Cache
• Masuk ke setting->application->manage applications lalu pilih All
• Cari Google Play Store dan sentuh tombol clear data. Tekan Yes untuk melanjutkan
• Selanjutnya sentuh clear cache dan tekan Yes untuk mengkonfirmasi
• Terakhir tekan Uninstall updates dan pilih Yes untuk melanjutkan
• Lakukan pula langkah serupa pada Download manager








 2. Periksa Ketersediaan Ruang kosong
• Masuk ke SD card & phone storage
• Periksa ruang kosong yang tersisa pada memori internal dengan melihat besaran available space yang tersedia



 


















3. Uji Koneksi

Jika Anda menggunakan internet dari Wi-Fi, pastikan untuk memeriksa port TCP dan UDP nomor 5228 yang merupakan port untuk mengakses Play Store. Jika port tersebut ditutup, maka Anda tentu tidak bisa mendownload apps apapun dari jaringan yang sama. Cara termudah untuk mengetahui apakah jaringan Wi-Fi yang Anda pakai memblokir akses download dari Play Store tentu saja dengan cara mencoba mendownload aplikasi serupa melalui jaringan data operator. Bila jaringan Wi-Fi yang dipakai tidak bisa mendownload aplikasi apapun sedangkan ketika dicoba melalui jalur data operator bisa, maka Anda sebaiknya mencari area hotspot lain.

4. Lakukan Instalasi Google Play Store baru
Jika uji koneksi tidak bermasalah dan Anda tetap mendapatkan pesan error ketika mendownload aplikasi tertentu, maka Anda dapat melakukan instalasi Play Store baru dengan mendownload APKnya dari PC atau laptop. Anda dapat menggunakan Google untuk mencari link downloadnya.

5. Factory Reset
Bila Anda sudah melakukan keempat langkah di atas dan tetap tidak berhasil, Anda dapat melakukan factory reset. Perlu diingat, bahwa dengan factory reset semua data yang tersimpan dalam ponsel akan terhapus. Untuk itu lakukan backup terlebih dulu:
• Masuk ke settings->Accounts & Sync lalu beri tanda centang Background data dan Auto-Sync.
• Jangan lupa pilih Akun Gmail Anda, dan beri tanda centang Sync Contacts.
• Masuk ke Settings->Privacy lalu beri tanda centang back up my data serta Automatic restore.
• Jika Anda ingin membackup sms, serta seluruh data lain yang tersimpan dalam ponsel Anda, Anda dapat menggunakan PC Suite yang disertakan saat Anda membeli ponsel atau bisa mendownload langsung dari situs resminya.




 

6. Hubungi Google Play Store Support Team
Jika Anda masih mengalami kesulitan untuk mendownload dari Play Store, silakan hubungi Google Play Store Support Team dari link berikut:http://support.google.com/googleplay/bin/request.py?contact_type=contact_policy&policy=apps

7. Flashing ROM
Jika Anda masih menemui kesulitan setelah melakukan factory reset serta menghubungi Google Play Support Team, maka Anda dapat melakukan sendiri flashing ROM. Jika Anda tidak mengetahui cara melakukan flashing ROM, Anda dapat meminta bantuan kepada service center ponsel resmi.



Nah.. kejadian yg kedua ini cara2 diatas udah dilakukan tapi masih error juga si play storenya.. akhirnya googling lagi daan.. berhasil normal kembali dengan cara dari duniagadget558 berikut:



Langkah ini cukup mudah, pertama - tama masuklah ke setting yang bisa anda temui saat menyentuh softkey / tombol kapasitif (pilihan). Atau bisa juga anda temukan di menu pada device Android anda.
Setting koneksi Android

Lalu pilih more. Atau cari pilihan wireless & network (nirkabel dan jaringan) karena letak menu setting bisa saja berbeda (untuk device tipe /  merek / versi Android lain mungkin bisa berbeda lagi)
Setting mobile network Android

Setelah itu pilih mobile networks.
Setting APN Android

Lalu masuk ke Access Point Names.
Setting APN Android

Nah sebelum melanjutkan, perhatikan lingkaran merah. Itu menunjukkan APN (Access Point Name) yang sedang digunakan. Lalu sentuh bagian yang ditunjuk oleh panah berwarna merah (untuk mengatur APN yang sedang digunakan)
Mengatasi google play error

Pada Proxy dan Port akan terdapat kode tertentu, hapus (kosongkan) kedua kode tersebut lalu klik save / ok. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk mengcopy - paste nya terlebih dahulu untuk backup, anda bisa menulis / menyalin / mencatat kode tersebut di sebuah kertas / apapun agar nanti jika tidak berhasil / terjadi error yang lebih parah kita bisa mengembalikan kode tersebut seperti semula.
Lalu silahkan coba kembali masuk ke Play Store. Jika masih terjadi error (Connection Timeout atau No Internet Connection) coba untuk menutup lalu membukanya kembali berulang kali. Jika tetap tidak mau, silahkan masukkan kembali kode yang anda hapus tadi karena mungkin ada faktor lain yang menyebabkan error nya, kualitas jaringan misalnya.

mudah2an akan selalu berhasil dengan cara2 diatas kalo terulang lagi masalah google play yg error ini...
Nexian Journey One
 
iklan banner 125x160
iklan banner 125 x 125