Pages

Sabtu, 08 Februari 2014

BUNGUR KECIL ( Lagerstroemia indica L )



Nama Ilmiah  :  Lagerstroemia indica L
Familia          :  Lythraceae
Nama Daerah :  Bungur jepang
Nama Asing    :  Crape Myrtle



Uraian Tanaman 



Perdu atau pohon kecil, tinggi 2-7m. Tanaman ini dapat ditemukan tumbuh liar di tebing-tebing dan tepi hutan, atau ditanam sebagai tanaman hias dan ditanam di taman-taman dan pekarangan rumah.



Tanaman yang percabangannya melengkung ini berdaun tunggal, bertangkai pendek, bentuknya elips atau memanjang, ujung tumpul, pangkal membaji, tepi rata dengan panjang2-7 cm. Lebar 1-4cm, warnanya hijau tua. 



Perbungaan majemuk, bentuk malai yang panjang 10-50 cm, tumbuh berkumpul diujung batang atau keluar dari ketiak daun, warnanya merah, putih atau ungu, dengan tepi daun mahkota bergelombang.  







Buahnya agak bulat, panjang 9-13mm, lebar 8-11mm

Bagian yang dipakai : Bunga, akar, daun dan kulit kayu

Khasiat : 

Merangsang sirkulasi, menghentikan pendarahan, antiradang, peluruh kencing dan menetralisir racun


Kegunaan :

Berbagaimacam bentuk pendarahan, hepatitis, perut busung dan pembengkakan tungkai, disentri, keputihan, sakit perut setelah melahirkan, sakit gigi.

Pemakaian :

Untuk minum : 15-30 gr, digodok, diminum
Pemakaian luar : Direbus, airnya untuk cuci bagian yang sakit atau bahan kering digiling menjadi serbuk, untuk ditaburkan ke bagian badan yang sakit seperti tulang patah, bisul, koreng, abses, ekzema, radang payudara.

Cara Pemakaian :

Batuk darah, muntah darah, berak darah: 30 gr akar direbus dengan 200cc air bersih sampai tersisa 80cc. Diminum 2x sehari, setiap kali minum 40 cc




Prof. Hembing Wijayakusuma & dr. Setiawan Dalimartha