Pages

Sabtu, 13 Juli 2013

LEUNCA , Tanaman obat anti kanker




Nama ilmiah : Solanum nigrum L
Familia : solanaceae ( terung-terungan )
Nama daerah : ranti, rampai, babose, leunca manuk
Nama asing : black nightshade


Terna semusim yang tumbuh tegak dan banyak bercabang ini tingginya sekitar 30-175cm, biasa ditanam di pekarangan, ladang dan tempat-tempat yg cukup memperoleh air dan sinar matahari sampai setinggi 3000m diatas permukaan laut.

Leunca mempunyai daun tunggal yang bertangkai, bentuknya bulat telur dengan ujung dan pangkal runcing dan berkumpul dalam kelompok-kelompok. 




Buahnya buah buni, bulat-bulat berisi banyak biji dengan diameter 0,8-1cm, berkumpul dalam tandan, warnanya hijau dan rasanya renyah sedikit pahit dan agak langu. Buah yg masak berwarna hitam mengkilat.


picture from here
picture from here















Buah muda biasa dimakan sebagai lalab atau dimasak dengan cabe dan tauco. Herba ini banyak mengandung zat berhasiat seperti solasodine, slamargne,solasonine yang mempunyai khasiat pengobatan.

Khasiat :
mempunyai rasa pahit, sifatnya dingin dan sedikit beracun, mempunyai khasiat sebagai penurun panas, anti radang, peluruh kencing, menghilangkan bengkak, peluruh dahak, menghilangkan gatal, pereda batuk dan sesak.
Bagian yg dipakai : seluruh tanaman segar atau kering.

Kegunaan :
Sebagai anti kanker, digunakan untuk pegobatan hamil ‘anggur’ (malignant hydatidiform mole), chorionic epithelioma, kanker mulut rahim, kanker payudara, oesophagus, liver dan lambung.
Selain itu juga digunakan untuk pengobatan radang payudara, keputihan, tekanan darah tinggi, gatal, infeksi saluran kencing dan beberapa penyakit lainnya.
Untuk pengobatan kanker: 30-120gr digodok dan diminum.



Oleh : H.M Hembing Wijayakusuma, Setiawan Dalimartha, A.S wirian, Thomas Yaputra, Bambang Wibowo