Pages

Sabtu, 13 Juli 2013

RUMPUT BAMBU




Nama ilmiah : lophatherium gracile Brongn,
familia : poaceae ( gramineae)
Nama asing : sasagras



                  

Rumput yang tumbuh liar di tempat-tempat yang rindang, tidak terlalu kering atau basah seperti di bawah pohon besar, tepi jalan yang teduh, lereng bukit, dari dataran rendah sampai 1500m diatas permukaan laut.

Tingginya sekitar 40-100cm, batangnya kecil berongga, warnanya kuning beralur, mempenyai rimpang yang menyupai kayu dan akar serabut dengan penebalan seperti umbi kecil-kecil berbentuk kerucut. Daun berbentuk lanset atau lanset melebar yang tumbuh berseling, panjang 5-20cm, lebar 2-3,5cm, ujung runcing,tepi rata, pangkal menyempit menjadi tangkal yang memeluk batang, dengan tulang daun sejajar kedua permukaan berambut putih, warna daunnya hijau. Bunganya bunga majemuk yang berbentuk malai bertangkai panjang, keluar dari ujung batang.

Akar, batang dan daunnya mengandung triterpenoid dan steroid arundoin, serta beberapa zat berkhasiat lainnya.


Khasiat :
Batang daun masuk meridian jantung dan ginjal, sehingga berkhasiat membersihkan panas jantung, penurun panas, anti radang dan peluruh.
Akarnya berkhasiat mempermudah persalinan dan sebagai abortivum, sehingga perempuan hamil dilarang meminum godokan tanaman berkhasiat obat ini.

Bagian yang berkhasiat : batang daun muda, atau seluruh tanaman sebelum berbunga.


Kegunaan :
Berdasarkan percobaan pada binatang, mempunyai khasiat anti kanker yaitu terhadap Ehrlich carcinoma dan sarcoma-180. Kegunaan lainnya antara lain sebagai penurun demam, sakit tenggorokan, sariawan, infeksi saluan kencing, kencing sedikit atau kencing berdarah.




H.M Hembing Wijayakusuma, Setiawan Dalimartha, A.S Wirian, Thomas Yaputra, Bambang Wibowo